kebun-buah-mangunan-2

Piknik Sambil Menikmati Buah Segar di Kebun Buah Mangunan Yogyakarta.

Ingin menikmati buah-buahan yang segar baru dipetik dari pohon? Datang saja ke Kebun Buah Mangunan Bantul Yogyakarta, tempat wisata yang menawarkan keindahan alam dan buah-buahan segar di sekitarnya.

Belum komplit bicara tentang Jogja tanpa membahas tempat-tempat wisata yang belakangan ini bermunculan dan menjadi incaran untuk dikunjungi, atau Tempat Wisata Jogja Terbaru

Salah satunya adalah sebuah tempat wisata yang tiba-tiba melesat dan jadi bahan pembicaraan sejak foto-foto indahnya pemandangan disekitarnya yang bertebaran di sosial media. Obyek wisata itu adalah Kebun Buah Mangunan Yogyakarta.

Apa itu Kebun Buah Mangunan Imogiri Bantul Yogyakarta?

Kebun Buah Mangunan Imogiri

Pemandangan sungai dari atas bukit kebun buah mangunan. Photo by : travelingcow.com

Ini adalah salah satu tempat wisata di wilayah Mangunan Imogiri Bantul, yang belakangan ini marak dikunjungi wisatawan, baik itu wisatawan dari negeri sendiri atau dari mancanegara.

Bahkan tidak sedikit pula mereka yang berdomisili di Yogyakarta mengambil waktu liburan dengan berkunjung ke obyek wisata ini.

Akan lebih seru lagi bila kita berkunjung bersama putra-putri, bagaimana tidak karena tempat ini bisa untuk berlibur sekaligus mempelajari tumbuh-tumbuhan secara langsung.  Tentu saja buat objek berfoto, Kebun Buah Mangunan ini sangat menarik.

Berkunjung ke tempat ini, para pengunjung akan dimanjakan dengan udara yang sejuk dan segar, dimana hampir semua tempat penuh dengan pepohonan, baik itu pohon-pohon besar seperti jati, king grass juga pinus dan masih banyak lagi.

Ditambah dengan  pohon buah dengan beraneka ragam jenis, seperti durian, jeruk, jambu air, duku, manggis, mangga, rambutan, sawo juga terdapat pohon buah-buahan yang sudah jarang ditemui seperti belimbing, matoa, cempedak dan kelengkeng. Bertebaran rapi dan apik menyesuaikan kondisi kemiringan bukit mangunan.

Untuk menuju ke lokasi Kebun Buah Mangunan, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi baik itu motor ataupun kendaraan roda empat.

Buat pengunjung luar Yogyakarta yang ingin santai menggunakan kendaraan roda dua, bisa memanfaatkan jasa sewa motor  yang banyak terdapat di sekitaran Maliobboro.

Menikmati Sunrise di Kebun Buah Mangunan

Bila ingin refreshing dari kepenatan aktivitas sehari-hari, cobalah berkunjung ke tempat wisata Kebun Buah Mangunan ini. Anda akan merasaan suasan alam yang belum pernah anda rasakan.

Salah satu keunggulan dari Kebun Buah Mangunan ini adalah menikmati Sunrise atau matahari terbit. Anda akan merasakan sensasi ” berada di negeri awan ” saat matahari dan kabut menyatu.

Keindahan sinar matahari yang muncul dari timur, akan semakin terlihat mempesona di tempat ini. Siapkan saja kamera anda, banyak – banyaklah bergaya.

foto sunrise kebun buah mangunan

Selain bisa menikmati indahnya pepohonan, pemandangan yang didapatpun tidak kalah menarik. Pengunjung bisa menikmati pemandangan yang sangat indah, seperti dapat melihat indahnya pantai Parangtritis dari kejauhan di bagian selatan, lalu pada bagian barat pengunjung mendapat pemandangan Kota Bantul  serta keelokan sungai Oya yang sangat curam.

Selain disuguhi pemandangan yang indah, di Kebun Buah Mangunan ini pengunjung tidak hanya bisa melihat jejeran rapi pohon buah-buahan tetapi juga bisa menikmati buahnya, tergantung musimnya.

Harga Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan

Untuk tiket masuknya sendiri relatif murah dan sangat terjangkau, hanya Rp. 5.000 /org dan itu sudah termasuk karcis parkir.

Sedangkan untuk menikmati buah-buahan, pengunjung bisa membelinya dengan menghubungi pihak pengelola Kebun Buah Mangunan. Jangan kuatir dengan harganya, semua harga buah sangat terjangkau, antara Rp. 4.000,- sampai Rp. 50.000,- per kilogram tergantung jenis buahnya.

Bukan hanya pepohonan, buah-buahan dan pemandangan saja yang anda nikmati, di Kebun Buah Mangunan Imogiri ini juga terdapat peternakan sapi.

Pengunjung dapat melihat sendiri proses pembibitan sapi, harapannya dengan pembibitan sapi ini dapat menambah populasi ternak sapi juga menghasilkan pupuk kandang yang berguna untuk pemeliharaan tanaman buah-buahan.

Fasilitas Pengunjung di Kebun Buah Mangunan

Fasilitas Kebun Buah Mangunan copy

Seiring banyaknya wisatawan yang berkunjung, saat ini fasilitas pengunjung di Obyek Wisata Kebun Buah Mangunan sudah sangat lengkap. berikut ini beberapa fasilitas yang dapat anda gunakan :

Warung Makan.

Saat ini sudah banyak warung makan di lokasi wisata Kebun Buah mangunan, terutama di spot untuk melihat pemandangan sungai atau awan. Disini ada sekitar 6-8 warung makan yang buka setiap hari. Buka mulai dari Pk. 05.00 hingga sore hari.

Makanan ringan seperti mie instan, kerupuk dan gorengan selalu tersedia di warung makan ini. Selain itu Nasi Goreng pun biasanya bisa mereka layani dengan cepat.

Penginapan.

Karena lokasi yang tidak begitu jauh dari kota, di wilayah wisata Kebun Buah Mangunan ini tidak terdapat banyak penginapan atau hotel. Pada umumnya pengunjung datang di pagi hari dan kembali pulang di siang hari, atau sore hari.

Tetapi, seandainya ingin bermalam dan mengadakan kegiatan bersama rombongan disini, anda bisa menginap di wisma Kebun Buah Mangunan. Atau lebih tepatnya Aula, yang biasa digunakan oleh para komunitas atau mahasiswa melakukan makrab ( malam keakraban ).

Mushola

Kurang lengkap bila tempat wisata tidak menyediakan ruang Mushola. Begitu pula di Kebun Buah Mangunan ini, pengunjung tidak perlu kuatir ketika saatnya harus menjalankan shalat dzuhur atau ashar karena di sana terdapat mushola kecil yang bisa gunakan untuk beribadah.

Outbond.

Aktivitas wisata lain yang bias dinikmati pengunjung adalah Outbond. Pengunjung bisa menikmati Anda kegiatan Outbond ini dengan beberapa pilihan seperti  flying fox, reflying, dan terdapat juga jembatan goyang dengan harga per paket untuk 10 orang adalah Rp.200.000,-.

Bukan hanya itu, jika ada yang membutuhkan tambahan tempat untuk kegiatan indoor, tersedia ruang pertemuan atau gedung pertemuan yang bisa disewa dengan tariff relative murah.

Area Memancing.

Pilihan kegiatan lain yang juga menarik adalah memancing. Di Kebun Buah Mangunan ini terdapat kolam pemancingan dengan tariff yang sangat murah, dengan Rp. 2000,- tersedia pengunjung sudah bisa memancing seharian, sepuasnya.

Bumi Perkemahan. 

Ada lagi fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh para pecinta alam atau pramuka untuk berkemah. Area perkemahan di  kebun buah Mangunan ini sangat mungkin dijadikan sebagai referensi untuk mengadakan kegiatan camping. Tarif untuk berkemah di area inipun tidak termasuk mahal, hanya Rp.5000,- untuk setiap orang per hari.

Sepeda Gunung

Tidak hanya pecinta alam atau pramuka yang diberi fasilitas, pecinta sepeda gunungpun ada area sendiri untuk bersenang-senang. Bagi pecinta sepeda gunung, di kebun buah Mangunan ini terdapat lintasan yang disediakan khusus untuk downhill, juga lintasan untuk kelas Cross Country.

Kolam Renang. 

Kegiatan lain yang tidak kalah menariknya bisa dilakukan bersama putra-putri di kebun buah Mangunan ini adalah berenang. Terdapat kolam renang anak yang bisa digunakan untuk berenang anak atau sekedar bermain air  bersama putra-putri.

Bebek Kayuh.

Tidak ingin berbasah-basahan tapi tetap di air? Di kebun buah Mangunan ini selain kolam untuk berenang, ada juga kolam yang hanya dinikmati sambil naik perahu. Terdapat kolam dengan perahu bebek yang bisa ditumpangi 2 oleh orang.

Rute Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan ini tepatnya berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo Kab. Bantul Daerah istimewa Yogyakarta. Jarak dari kota Jogja bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih sekitar satu jam melalui Jalan Imogiri Timur.

Jika anda berada di kota Jogja, anda bisa mencari jalan Ringroad Selatan atau Terminal Bus Giwangan Jogja. Dari perempatan terminal giwangan ini, anda langsung menuju ke arah selatan, masuk ke Jalan Imogiri Timur.

Jalan ini juga menuju kearah tempat Makam Raja – Raja Keraton Jogja, atau biasa dikenal Makam Raja Imogiri Bantul.

Dari sini anda tinggal jalan sesuai petunjuk arah, karena sepanjang jalan akan ada banyak papan petunjuk arah menuju ke Kebun Buah Mangunan atau tempat wisata Hutan Pinus Imogiri.

Jika anda menggunakan Google Maps, silahkan ketik saja Kebun Buah Mangunan. Atau tdak bisa, anda bisa copy alamat ini di pencarian google maps : -7.940405, 110.424628

Selain itu, lokasi Kebun Buah Mangunan juga terletak di daerah yang berbukit – bukit. Sehingga perjalanan menuju tempat wisata tersebut akan merasakan perjalanan naik turun dan berkelok kelok.

Namun perjalanan tersebut dapat anda nikmati dengan indah, terutama bagi anda yang terbiasa hidup di perkotaan. Karena sepanjang perjalanan, anda akan melihat pemandangan hutan, sungai dan juga alam yang sejuk.

Objek wisata yang mulai dibangun sekitar tahun 2003 oleh Pemerintah Kabupaten Bantul ini memiliki luas 23,3415 hektar dan terletak pada ketinggian 150-200m diatas permukaan laut.

Ketinggian inilah yang menjadikan kawasan wisata ini berudara sejuk juga memiliki pemandangan pegunungan seribu.

Kebun Buah Mangunan ini mungkin belum banyak dikenal secara luas dibandingkan dengan objek wisata lainnya seperti Prambanan, Malioboro, Kaliurang atau pantai Parangtritis yang sudah lebih dulu populer.

Tetapi, dengan maraknya foto-foto keindahan alam Kebun Buah Mangunan di Media Sosial, terutama Instagram dan Facebook, menjadikan agrowisata kebun buah Mangunan Imogiri Bantul ini makin banyak dikenal oleh wisatawan.

Tak heran jika, tempat wisata Kebun Buah Mangunan ini selalu menjadi trending topik tentang tempat-tempat wisata baru di Jogja atau Yogyakarta.

sewamotorjogja

About sewamotorjogja

No Comments

Leave a Comment